Target kami juga akan terjadi integrasi dari peserta yang didaftarkan dan ditanggung Pemkab Karimun dengan data BPJS Kesehatan Batam. Karena pada 2016 belum terintegrasi

Batam (Antara Kepri) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Batam menargetkan hingga akhir 2017 jumlah kepesertaan program JKN-KIS mencapai 85 persen dari 1,2 juta penduduk.

“Target kami hingga akhir 2017 kesertaan masyarakat Batam dan Karimun dalam program ini terus meningkat dari jumlah sekarang sekitar 900 ribu,” kata Kepala Cabang BPJS Batam yang membawahi Batam dan Karimun, Tavip Hermansyah, di Batam, Kamis.

Dengan capaian saat ini sekitar 900 ribu jiwa, persentase kepesertaan JKN-KIS baru pada angka 70 persen dari seluruh penduduk yang harusnya terlindungi program tersebut.

“Target kami juga akan terjadi integrasi dari peserta yang didaftarkan dan ditanggung Pemkab Karimun dengan data BPJS Kesehatan Batam. Karena pada 2016 belum terintegrasi,” kata dia.

Data peserta BPJS yang ditanggung Pemerintah Kabupaten Karimun, kata Tavip, mejadi salah satu daerah yang belum menjadi satu dengan peserta lain di BPJS Kesehatan.

“Untuk data Batam sudah terintegrasi, hanya Kabupaten Karimun saja yang belum. Mudah-mudahan tahun ini,” kata Tavip.

Untuk mencapai target tersebut, kata dia, BPJS Kesehatan juga akan mengupayakan agar perusahaan yang baru mendaftarkan sebagian karyawannya agar bisa menyertakan seluruhnya dalam program pemerintah ini.

“Di Batam ini banyak perusahaan, sebagian besar memang sudah mendaftarkan karyawannya dalam program ini. Namun hanya yang rendah saja, yang staf ke atas enggak. Harusnya kan semua, jadi itu yang akan kami dorong karena program ini tidak ada pengecualian,” kata dia.

Tavip mengatakan dalam program itu seluruh badan usaha harus mendaftarkan karyawan atau pegawainya tanpa kecuali.

“Untuk mempermudah masyarakat mendapatkan informasi dan mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, kami juga menyiapkan kader pada setiap kecamatan yang ada di Batam dan Karimun,” kata Tavip.

Pada 1 Februari 2017, BPJS Kesehatan juga meluncurkan program Mobile Skrining untuk mempermudah pemegang kartu JKN-KIS memperoleh berbagai informasi dan layanan.(Antara)

SUMBER : https://kepri.antaranews.com/berita/40524/bpjs-kesehatan-batam-targetkan-85-persen-kepesertaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here