Air ATB Terlihat Kotor,Katanya Bebas Dari Bakteri

0
228

DEMIMASA.CO.ID BATAM
pelanggan air bersih Aditya Tirta Batam masih mengeluhkan atas kwalitas air yang ada saat ini,sebab dinilai air yang didistribusikan kerumah pelanggan dinilai belum memenuhi kwalitas seperti yang diharapkan pelanggan.

Harapan salah satu pelanggan air bersih(Ew)dimana sebelumnya telah diberitakan media ini,keluhannya atas kwalitas air yang ia komsumsi dirumahnya dinilai belum baik, dinilainya pihak Aditya Tirta  Batam belum bisa  memberikan kepuasan kepada konsumennya.hal itu terbukti melihat kwalitas air yang  ada masih belum  terlihat jernih,warnanya masih kekuningan.”saya hanya berharap pihak ATB dapat menyalurkan air bersih layak diminum,kalau itu bisa diwujudkannya saya sangat mengapresiasi, katanya.ibu Ew pelanggan disalah satu perumahan Tanjung Piayu sungai Beduk Batam masih tetap menunggu pihak ATB dapat mewujudkan harapannya untuk mengurangi pengeluaran biaya kebutuhan hidup keluarga dikota Batam

“Kalau Air bersih Yang disalurkan dapat dikomsumsi langsung sebagai air minum keluarga tentunya saya tidak membeli air mineral/galon”.ungkapanya.

Sejauh ini pihak Aditya Tirta Batam diduga  belum dapat memberikan solusi untuk mewujudkan harapan pelanggnya,sebab pihak ATB pernah menyampaikan sebelumnya ,mereka tidak menjamin air yang dijualnya untuk  diminum langsung karena berbagai faktor yang mereka jelaskan diantaranya atas adanya pipa yang belum memenuhi standar.(baca berita sebelumnya)

Akhir- akhir ini media ini kembali mempertanyakan atas kwalitas air yang dinilai masih belum baik namun jawaban pihak ATB melalui humasnya Ginda,menampiknya.dia mengatakan air bersih yang diproduksi PT.ATB sudah sesuai standar.

“Air bersih yang diproduksi PT Adhya Tirta Batam (ATB) sebelum didistribusikan ke pelanggan, dapat dipastikan sudah sesuai standar World Health Organization (WHO) dan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes RI).katanya.ia melanjutkan

Berdasarkan standar dan aturan yang telah ditetapkan tersebut, tentunya air bersih yang dikirim ke pelanggan tetap terjaga kualitasnya yakni bebas dari segala macam bakteri maupun unsur mikroorganisme”jelasnya.
Selain itu menurut humas yang ditunjuk pihak ATB ini,ia juga menyampaikan,atas pelayanan pendistribusian air kepada pelanggan terkadang mengalami kekeruan
Menurutnya hanya Pada saat saat tertentu saja.
“air bersih yang diterima pelanggan melewati jalur perpipaan yang terkadang mengalami kekeruhan atau tidak jernih, khususnya pada saat tertentu”. sesuai penjelasan yang ia sampaikan kemedia ini.
Dari penjelasannya terkesan humas Aditiya Tirta Batam ini  menilai dalam hal pendistribusian dan kwalitas air yang ada saat ini sudah sangat sempurna,hingga tidak ada keluhan bagi pelanggannya.meski telah ia ketahui sesuai dokumentasi yang dikirimkan media ini kepadanya.

humas ATB(Ginda) ini juga tidak tanggung tanggung juga dalam hal menjelaskan untuk menyampaikan kemedia ini,dimana  menurutnya ATB dalam hal pengelolaan air dikota Batam sudah sesuai ketentuan
Perusahaan Air Minum (PAM) termasuk ATB, umumnya memproduksi air dengan kualitas air minum, bukan air bersih. Saat air baku sudah selesai melalui seluruh proses pengolahan di Instalasi Pengolahan Air (IPA), air tersebut sudah dapat diminum langsung tanpa harus dididihkan terlebih dahulu katanya,lebih lanjut ia jelaskan,

perusahaan air PAM umumnya hanya bisa memberikan jaminan saat air tersebut diminum di area IPA. Bila sudah didisitribusikan ke pelanggan, perusahaan air minum tidak dapat lagi memberikan garansi bahwa air tersebut dapat diminum langsung tanpa dimasak terlebih dahulu.katanya.masih Ginda,

Hal tersebut membuat air yang sudah diolah ATB sesuai dengan standar World Health Organization (WHO) dan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) tersebut bisa menurun kualitasnya menjadi air bersih, tidak lagi air minum.jelasnya.

Terkait kwalitas air yang dikeluhkan diatas menurutnya karena pipa yang terpasang tidak sesuai spesifikasi,karena jaringan pipa pelanggan dibatam dibangun secara mandiri oleh pelanggan.namun belum menjelaskan seperti apa pipa yang sesuai spesifikasi.

“Salah satu penyebab air minum berubah menjadi air bersih setelah didistribusikan ke pelanggan adalah karena jaringan pipa pelanggan yang tidak seluruhnya sesuai untuk distribusi air minum,Jaringan pipa pelanggan di Batam dibangun secara mandiri oleh pelanggan. Sehingga, kualitas pipa tidak dikontrol langsung oleh perusahaan air minum.katanya.
Redaksi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here