Tidak Akan Melupakan Sejarah,Panglima TNI Berziarah Kemakam Ploklamator Indonesia Dan Pahlawan Lainnya

0
32

 DEMIMASA.CO.ID-BLITAR PanglimaTNIMarsekalTNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kasad Jenderal TNI Mulyono, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M. dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E, M.M., melaksanakan ziarah ke Makam Bung Karno di Kota Blitar, Jawa Timur, Rabu (19/9/2018).

Setiba di komplek makam Bung Karno, Panglima TNI bersama Kepala Staf Angkatan dan rombongan melakukan tabur bunga serta memanjatkan doa untuk Proklamator Indonesia. “Jadi hari ini, setelah ke makam Bung Karno, saya juga berziarah ke makam H.M. Soeharto, K.H. Abdurahman Wahid dan terakhir ke makam Panglima Besar Jenderal Soedirman,” ujarnya.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjelaskan bahwa tujuan ziarah ke makam Bung Karno yang terletak di Blitar merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 TNI. “Ziarah ke makam Proklamator Bung Karno ini merupakan tradisi yang bagus karena kita selalu diingatkan dengan Jas Merah yaitu jangan sekali-kali melupakan sejarah,” katanya.

Selanjutnya, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa usai melakukan ziarah ke beberapa makam Presiden RI dan Panglima Besar Jenderal Soedirman, akan mengunjungi museum Panglima Besar Jenderal Soedirman yang kebetulan lokasinya berdekatan dengan makam para pahlawan yang berada di Yogyakarta.

“Tradisi ziarah ke beberapa makam pendiri bangsa dan para pahlawan seperti ini harus dipertahankan untuk mengingatkan seluruh generasi penerus, dalam hal ini bukan hanya TNI tetapi seluruh anak bangsa bahwa generasi muda khususnya generasi millennial agar mengerti betapa besar perjuangan para pahlawan dan pendahulu kita dalam merebut kemerdekaan Indonesia,” ungkap Panglima TNI.

Ikut serta dalam ziarah tersebut, Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto, Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ibu Sita Mulyono, Ketua Umum Jalasenastri Ibu Manik Siwi Sukma Adji dan Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ibu Ayu Yuyu Sutisna.

Usai melaksanakan Ziarah ke Makam Proklamator Negara Republik Indonesia Ir. Soekarno di Blitar, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama rombongan juga melaksanakan ziarah ke Makam Presiden RI keempat KH. Abdurrahman Wahid (Gusdur) di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur, Rabu (19/9/2018).

Dalam rangkaian kegiatan ziarah, Panglima TNI didampingi Kasad Jenderal TNI Mulyono, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M. dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E, M.M., Ketum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto, Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ibu Sita Mulyono, Ketua Umum Jalasenastri Ibu Manik Siwi Sukma Adji dan Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ibu Ayu Yuyu Sutisna.

Kedatangan  Panglima  TNI beserta rombongan ke Pondok Pesantren (Ponpes) Tebu Ireng, disambut gembira oleh Wakil Pengasuh Ponpes Tebu Ireng KH. Abdul Hakim Ma’fud dan KH. Drs.  Fahmi Amrullah,  KH.  Hasyim dan para santri.  Selanjutnya Panglima TNI, Kasad, Kasal dan Kasau dikalungkan selendang oleh  KH. Abdul Hakim Ma’fud.

Dihadapan awak media, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjelaskan bahwa kegiatan ziarah ke Makam KH. Abdurrahman Wahid (Gusdur) merupakan tradisi yang dilaksanakan oleh seluruh pejabat dan prajurit TNI dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 TNI untuk berziarah ke makam pejuang dan Presiden RI.

“Oleh sebab itu kita tidak akan melupakan sejarah tentang pengorbanan para Pahlawan, bagaimana jerih payah yang ditunjukkan kepada generasi penerus bangsa sehingga patut untuk kita teladani bersama,” tegas Panglima TNI.(puspen TNI)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here