Kadinkes Kota Batam Upayakan Pelayanan di Puskesmas Semakin Baik

0
181

Demimasa.co.id -Batam
Terkait pelayanan kesehatan untuk masyarakat kota Batam dikeseluruh Puskesmas yang ada kepala dinas kesehatan kota Batam dr.Didi Kusmardjadi.SpoG, telah menghimbau dan
Menyampaikan kepada semua Kepala puskesmas
(Kapus)Dalam hal masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan agar supaya memberikan yang terbaik kepada warga masyarakat

Adapun jumlah puskesmas yang sudah ada dikota Batam saat ini berjumlah 20 unit puskesmas yang berada di setiap kecamatan.
Batam terdiri dari 12 kecamatan,dari segi jumlah penduduk sebanyak 1,2 juta jiwa sudah harusnya kita telah memiliki 40 Puskesmas,dimana setiap satu puskesmas akan melayani penduduk sebanyak 30.000 jiwa penduduk.

“Dari segi jumlah penduduk yang ada,kita seharusnya sudah memiliki sebanyak 40 Puskesmas,tetapi mungkin tidaklah begitu,sebab sulit untuk lahan”
Kata kadinkes dr Didi Kusmarjadi,Sp.OG.saat diwawancarai media demimasa.co.id Senin,12/11/18 dikantorya.

Kepala Dinas kesehatan kota Batam ini tetap berupaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kota Batam ,dimana disetiap puskesmas yang ada saat ini bisa dicek dalam hal pelayanannya kepada warga kota batam.ia mengatakan dirinya tidak segan-segan memanggil kapus(kepala puskesmas) yang ada jika ada keluhan warga.”apabila ada sampaikan pada saya,saya tidak segan-segan untuk memanggil dan memberikan sanksi.ucapnya.

Adapun Sejumlah program/ kegiatan kesehatan untuk masyarakat saat ini tidak ada masalah anggaran cukup dan tetap berjalan lancar.untuk anggaran untuk sejumlah Puskesmas kadis kesehatan tersebut mengatakan tergantung jumlah penduduk yang dikaper oleh puskesmas tersebut,misalnya sungai Beduk ia mengatakan
“Itu kapitasi,yang namanya kapitasi 40 untuk operasional 60 untuk jasa”.ucapnya.lanjutnya
Terkait persediaan obat- obatan yang ada saat ini
Untuk puskesmas cukup dan disediakan sesuai Anggaran.

Terkait layanan dan keberadaan Posyandu.
Dan insentif kadernya.

Posyandu(Pos pelayanan terpadu)dimana saat ini telah ada dibangun disejumlah pemukiman dikota Batam,dalam hal untuk melayani kesehatan masyarakat, kadinkes mengatakan. untuk keberadaan posyandu tersebut dinas kesehatan yang membangun dan tetap pembinaan oleh dinas kesehatan.
“posyandu kita yang bangun,dan pembinaan ada dari kita.ucapnya.

Dalam melayani kesehatan untuk masyarakat diposyandu, Petugas kesehatan diketahui telah merekrut sejumlah tenaga dari warga setempat(kader posyandu)dalam hal ini masih adanya sejumlah keluhan kader- kader posyandu
Dimana belum diberikan insentifnya.
Kadinses kota Batam ini mengatakan, Anggaran untuk itu tidak ada dinas kesehatan,malainkan sudah diberikan kepada dinas sosial.

“Dulu memang dinas kesehatan,tetapi sekarang sudah ditangani oleh dinas sosial”ucapnya.
Lebih lanjut ia mengatakan,kalau tidak salah per kadernya telah dianggarkan sebesar Rp.170 ribuan,kalau tidak salah yah,dan bahkan insentifnya saya dengar-dengar akan ditambah pak wali.katanya. (Red.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here